membuat format absensi sederhana menggunakan rumus excel

membuat format absensi sederhana menggunakan rumus excel

Aplikasi excel adalah aplikasi yang sangat multifungsi untuk membuat sebuah sistem yang kaitannya dengan program. untuk kali ini kita akan coba membahas untuk membuat program absensi sederhana menggunakan microsoft excel. ok langsung saja ke tahapan-tahapanya.

Absensi atau presensi

sebelum ke pembuatan program aplikasi absensi atau presensi ini, alangkah baiknya memahami terlebih dahulu pengertian dan penjelasan tentang absensi dan presensi. aplikasi yang dibuat dengan microsoft excel ini adalah apalikasi pencatatan dan perekapan mulai darijumlah kehadiran, alpa, sakit atau izin. dan model inputannya sudah menggunakan fitur validasi yang ada pada microsoft excel. studi kasusu aplikasi ini adalah aplikasi absensi untuk karyawan disebuah perusahaan.

Tahapan-tahapan pembuatan aplikasi

pertama siapkan tampilan / layout aplikasi dengan jumlah field/kolom seperti dibawah ini :
http://belajarmicrosoftexceloffice.blogspot.com/
Gambar Layout Absensi
untuk baris 5 kolom C sampai dengan kolom AG menggunakan rumus weekday. contoh pada cell C5 rumusnya adalah =TEXT(WEEKDAY(DATE(Tahun;1;C6);1);"aaa") yang akan menghasilkan data hari dari bulan januari dan tahun 2016. dengan ketentuan dibuatkan Name Manager sebelumnya seperti gambar dibawah ini.

Baca Juga : Mengenal jenis-jenis validasi pada aplikasi excel


http://belajarmicrosoftexceloffice.blogspot.com/
Gambar Name Manager untuk aplikasi absensi

tahapan berikutnya dibuatkan conditional formating untuk masing-masing keterangan absensi mulai dari alpa, hadir, sakit, ijin. untuk belajar conditional formating silahkan klik link ini BELAJAR CONDITIONAL FORMATING.
http://belajarmicrosoftexceloffice.blogspot.com/
Gambar Conditional Formating untuk aplikasi absensi
tahapan selanjutnya menyesuaikan tampilan aplikasi dan rumus yang harus ada pada aplikasi absensi ini. untuk mempermudah pembelajarannya silahkan download contoh aplikasi jadinya yang sudah dibuat disini : Download Aplikasi Absensi Sederhana
Hasil Akhir Aplikasi Sederhana Absensi Karyawan
jika ada hal-hal yang kurang dipahami atau kurang dimengerti, silahkan berikan komentar dalam artikel ini. begitu mudah belajar aplikasi microsoft excel. indahnya berbagi pengetahuan.

https://belajarmicrosoftexceloffice.blogspot.co.id/

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "membuat format absensi sederhana menggunakan rumus excel"