Penggunaan Rumus SUMIF dan COUNTIF pada aplikasi excel
Sebelumnya sudah dibahas dalam artikel MENGENAL RUMUS STATISTIK tentang fungsi SUM dan fungsi COUNT. akan tetapi aplikasi microsoft excel mempunyai rumus tetang statistik yang digabungkan dengan fungsi logika yaitu SUMIF dan COUNTIF.
SUMIF adalah rumus statistik aplikasi excel untuk menghitung total nilai sesuai kondisi tertentu. sedangkan COUNTIF adalah rumus statistik aplikasi excel untuk menghitung jumlah nilai sesuai kondisi tertentu.
Baca Juga : Fungsi pembacaan cell dengan LEFT, RIGHT dan MID
untuk mempermudah pemahaman fungsi SUMIF dan COUNTIF lihat gambar dibawah ini :
Gambar penggunaan rumus SUMIF di excel |
dari gambar diatas penggunaan rumus SUMIF harus mengetahui terlebih dahulu range yang akan dijadikan sebagai kriteria dan range yang akan dicari nilai totalnya. contoh diatas kolom WILAYAH (yang berwarna biru) sebagai range (B2:B11) adalah untuk mencari kriteria sesuai wilayah dan kolom OMSET (yang berwarna merah) sebagai range (C2:C11) adalah untuk mencari total nilai sesuai wilayah. maka rumus ' =SUMIF(B2:B11;"JABAR";C2:C11) ' adalah rumus untuk mengetahui total nilai omset wilayah JABAR.
Gambar penggunaan rumus COUNTIF di excel |
dari gambar diatas penggunaan rumus COUNTIF harus mengetahui range yang akan dijadikan sebagai kriterianya. contoh diatas kolom WILAYAH (yang berwarna biru)
sebagai range (B2:B11) untuk mencari kriteria sesuai wilayah. maka rumus ' =COUNTIF(B2:B11;"JABAR") ' adalah rumus untuk mengetahui jumlah wilayah JABAR dan hasilnya ketika di enter maka akan muncul angka 4.
cukup mudahkan membedakan fungsi SUMIF dan COUNTIF dalam aplikasi excel.. jika ada hal-hal yang kurang dipahami atau kurang dimengerti, silahkan berikan komentar dalam artikel ini. begitu mudah belajar aplikasi microsoft excel. indahnya berbagi pengetahuan.
0 Response to "Penggunaan Rumus SUMIF dan COUNTIF pada aplikasi excel"
Post a Comment